Thursday 13 October 2011

Web Semantic Berbasis Android


Web semantik adalah teknologi web yang berkembang saat ini. Teknologi ini dikembangkan berbasis RDF format. Basis data dapat dijadikan acuan untuk pembuatan metadata, namun BibTex file dapat juga dijadikan acuan untuk pembuatan web semantik. Dengan menggunakan format XML yang merupakan dasar pembentukan metadata (RDF), maka berdasarkan format tersebut metadata dapat didistribusikan atau di simpan dalam domain yang beragam, data yang tersimpan berupa BibTex file di konversi ke format RDF, selanjutnya dengan menggunakan sesame metadata di load pada file index, SeRQL selanjutnya melakukan query terhadap metadata yang telah di load untuk ditampilkan di browser.
Format yang biasa digunakan dalam semantic web adalah RDF (Resource Description Framework).
cara kerja RDF dapat diterangkan dengan satu contoh sederhana berikut, untuk mendefinisikan “mawar memiliki warna merah”, maka “mawar” dipresentasikan sebagai subjek, “merah” sebagai objek, dan “memiliki warna” sebagai predikat.
Kemudian RDF menyimpan keyword tersebut secara terpisah dan mulai melakukan sebuah kecerdasan buatan untuk mencari dan bertukar informasi antar-web sehingga info yang dihasilkan lebih sesuai dengan kebutuhan si pencari info tersebut.
RDF digunakan pada aplikasi tertentu,antara lain:
1. RSS (RDF Site Summary)
RSS memberikan informasi update sebuah web, tanpa pengunjung perlu mengunjungi website tersebut.
2. FOAF (Friend of a Friend)
Didesain untuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan, dan relasi / hubungan antar mereka.
3. SIOC (Semantically-Interlinked Online Communities)
Menerangkan komunitas online dan menciptakan koneksi antara message board, blog, maupun mailing listsecara otomatis berbasis dari keyword yang telah disediakan oleh RDF.
4. Semantic Web dalam OS Android
5. Format RDF maupun OWL pada Semantic web juga bisa digunakan dalam operating sistem (OS) berbasis Android.Yang hingga kini telah merajai berbagai perangkat genggam dan tablet.
6. Contohnya ialah browser “Mosembro” yang dikhususkan untuk android, Mosembro adalah sebuah browser untuk Android yang memanfaatkan Microformats data semantik sehingga dapat meningkatkan pengalaman baru dalam berselancar dalam internet.
7. Penggunaan teknologi semantic web juga terdapat dalam berbagai social networking (Facebook,twitter,flickr,Photobucket,dll) yang mengelompokkan berbagai tag sesuai dengan kategori yang kemudian akan ditawarkan kepada pengguna.sehingga semua informasi yang sekiranya kita butuhkan bisa terkoordinir dalam satu web saja.
8. Sehingga penerapan Semantic web pada android dapat mengoptimalkan berbagai integrasi dari aplikasi hingga browser sesuai dengan minat penggunanya.
9. Internet akan lebih cerdas memahami bahasa manusia. Mesin pencari seperti Google akan menjadi mesin penjawab. Misalnya jika ingin mendapatkan informasi ukuran sepatu Paris Hilton, tak lagi mengetikkan kata kunci “Paris Hilton ukuran sepatu”, tapi Anda bisa langsung bertanya “Berapa ukuran sepatu Paris Hilton?”
Istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
Web semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.
Seperti yang kita ketahui, website ditujukan untuk memberikan informasi kepada manusia. Misalnya saat menginginkan sebuah buku, Anda dapat menelusurinya pada search engine atau website tertentu hingga akhirnya mendapatkan buku tersebut. Misalkan terdapat pilihan dari berbagai kategori untuk mendapatkan buku yang dimaksud, mesin sendiri tidak dapat memutuskan dan melakukannya tanpa arahan dari manusia karena informasi tersebut diperuntukkan agar dimengerti hanya oleh manusia dengan menggunakan natural language. Kondisi inilah yang ingin diubah oleh web semantik. Web semantik akan memiliki informasi yang dimengerti oleh mesin, yang memiliki kecerdasan buatan hingga mampu menemukan dan mengintegrasikan informasi dengan mudah. Dengan demikian fungsi web menjadi wadah universal bagi pertukaran data, informasi, dan pengetahuan, yang dapat menghasilkan kecerdasan buatan yang dapat mengerti keinginan, di mana web semantik dapat diinstruksikan untuk mengambil informasi sesuai kriteria tertentu.
Dalam dunia Internet sekarang ini di mana pencarian informasi seringkali memakan begitu banyak waktu dan sangat melelahkan.
Untuk itulah, para ahli dan peneliti Internet bersepakat untuk mengatasi permasalahan ini. Internet membutuhkan suatu mekanisme yang memampukan komputer mengerti arti kata yang kita cari. Dengan kata lain, kita membutuhkan suatu cara agar kata-kata yang tertera di dalam suatu dokumen Web dapat dibaca dan dimengerti oleh mesin (machine-readable data).
Website yang memiliki kemampuan seperti ini seolah-olah memiliki kecerdasan buatan yang sanggup memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan atau kebutuhan para penggunanya.
Para peniliti setuju bahwa Semantic Web merupakan suatu cara untuk melakukan revolusi di dunia Internet yang akan menyatukan interaktifitas pengguna, kolaborasi informasi, dan kecerdasan buatan pada sebuah Website.pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agent). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah .

Berikut ini ada 5 search engine semantic yang banyak di gunakan:
·         Hakia
 Hakia adalah tujuan umum mesin pencari semantik, seperti Wikipedia. Hasil pencarian diatur dalam tab: hasil web, situs yang kredibel, gambar dan berita. Situs kredibel mengacu pada hasil dari situs yang telah diperiksa oleh pustakawan dan profesional informasi lainnya mengundang oleh Hakia untuk mengidentifikasi situs web yang kredibel.
·         SenseBot
SenseBot  adalah mesin pencari web yang merangkum secara singkat hasil pencarian ke dalam satu topik query. Mesin pencari berusaha memahami apa yang dihasilkan halaman web. Untuk tujuan ini SenseBot menggunakan pertambangan teks untuk menganalisis halaman web dan mengidentifikasi konsep-konsep kunci  semantik.
·         Powerset
Pada saat ini Powerset bukan mesin pencari web biasa. Powerset bekerja lebih baik pada pencarian yang lebih spesifik, corpora relatif terstruktur.
·         DeepDyve
DeepDyve adalah sebuah antarmuka canggih namun mudah ke berbagai sumber informasi yang berharga.DeepDyve ini alat penelitian profesional yang tersedia secara gratis untuk masyarakat umum. DeepDyve adalah mesin penelitian yang memungkinkan untuk mengakses konten ahli dari "Deep Web", bagian dari internet yang tidak diindeks oleh mesin pencari tradisional (misalnya database, jurnal dll). Para peneliti, mahasiswa, profesional teknis, pengguna bisnis, dan konsumen informasi lain dapat mencari Wikipedia atau sumber daya web jauh di dalam kategori ini: Ilmu Kedokteran, Ilmu Fisik, Humaniora dan Ilmu Sosial, Bisnis dan Keuangan, Paten, Hukum, Teknologi Bersih dan Energi , IT dan Teknik.
·         Kognisi
Kognisi memiliki bisnis pencarian berdasarkan peta semantik, yang dibangun selama 24 tahun terakhir, perusahaan yang mengklaim adalah perusahaan yang paling komprehensif dan lengkap dengan bahasa Inggris yang tersedia saat ini. Hal ini digunakan dalam mendukung analisis bisnis, mesin penerjemahan, pencarian dokumen, cari konteks, dan banyak lagi.



Sebelum membahas android, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan apa sich aplikasi itu…?
App/Application/Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Sedangkan apa sich android itu. . .???
Android merupakan software platform yang open source untuk mobile device, android berisi system operasi, middleware, dan aplikasi-aplikasi dasar. Android berbasis pada kernel Linux 2.6 yang telah dimodifikasi sedemikian hingga untuk mobile device.

Untuk menjadi developer aplikasi, sebaiknya memperhatikan hal – hal berikut ini :
o       Berangkatlah dengan konsep yang matang,
o       Lihat kebutuhan masyarakat,
o       Berpikirlah kedepan untuk aplikasi yang di buat,
o       Lebarkan jaringan sosial,
o       Banyak belajar hal-hal yang baru,
o       Unik dan bermanfaat,
o       Dan yang terakhir pasarkan aplikasinya.

Perkembangan android :
·         Versi 1.5 (Cupcake) muncul pada bulan April 2009 yang mendukung aplikasi soft keyboard.
·         Versi 1.6 (Donut) rilis September 2009.
·         Versi 2.0/2.1 (Eclair) memperbaiki user interface, HTML5 dan Exchange ActiveSync 2.5.
·         Versi 2.2 (Froyo),mempercepat kinerja dengan Just In The Compiler dan Chrome V8 JavaScript engine, Wi-Fi Hotspot tethering dan support Adobe Flash.
·         Versi 2.3 (GingerBread), memperbaiki user interface, soft keyboard, copy/paste feature dan support ke Near Field Communication (NFC).
·         Versi 3.0 (HoneyComb) dikhususkan untuk tablet yang memiliki ukuran layar yang lebih besar, multicore prosessor dan hardware acceleration untuk graphics.
·         Ice-Cream Sandwich, kombinasi 2.3 GingerBread dan 3.0 HoneyComb, yang muncul d pertengahan 2011.

Fitur Unggulan Android :
·         Integrasi dengan Google Application, gmail, market, gtalk, google+, map, picassa, contacts, calendar, dll.
·         Cloud Computing, adaptasi terbaru pada system komputasi sat ini yang memanfaatkan jaringan internet untuk pemrosesan data.
·         Multitasking,
·         Multiplatform,
·         Kustomisasi tanpa batas,
·         Sebagian besar aplikasinya GRATIS,
·         Browser terbaik untuk mobile.

Kelebihan dan manfaat dari Android :
·         Android dan Google memudahkan kita dimanapun dan kapanpun kita berada,
·         Mendukung berbagai social medis dan news,
·         Mendukung aplikasi untuk bisnis,
·         Memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari
·         Partisipasi individu dalam mengembangkan Android,

Selain kelebihan dan manfaat, Android juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain :
·         Java Aplication bersifat berat,
·         Boros Baterai,
·         Free Software umumnya kalah kualitas,
·         User interface kurang responsive. . .

No comments:

Post a Comment